Beranda | Artikel
Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 15 Juli 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ … (محمد: ١٩)

“Maka ketahuilah (ilmuilah), bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah …” (QS Muhammad [47]: 19)

Imam Al-Bukhari rahimahullahu Ta’ala ketika menyebutkan ayat ini, beliau mengatakan “باب العلم قبل القول والعمل, (artinya:) “Bab Berilmu Dahulu Sebelum Berkata dan Beramal“. Oleh karena itu, kita ingin memasuki Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, maka sebelum kita memasuki hari raya tersebut, alangkah baiknya kita berilmu dahulu, karena di dalam hari raya terdapat beberapa amalan-amalan yang disyariatkan di dalam agama Islam, sehingga kita benar-benar, sebagaimana kita, yaitu beramal di atas ilmu agama yang didasari dari Al-Qur’an dan Sunnah yang dipahami oleh Salafush Shalih.

Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah Rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Mengapa rahmat? Karena Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri, 2 hari tersebut, 2 hari yang kaum Muslim di dalamnya bersuka-cita, riang gembira, makan dan minum, 2 hari yang merupakan kebanggaan kaum Muslim, 2 hari yang merupakan syi’ar dari syi’ar Islam, itu adalah 2 hari pilihan Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang menggantikan seluruh hari raya-hari raya yang dimiliki oleh manusia sedunia.

Coba perhatikan, sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Abu Dawud, dan yang lainnya. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita:

قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَلأَهْلِ الْمَدِينَةِ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، فَقَالَ : قَدِمْتُ عَلَيْكُمْ ، وَلَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، وَقَدْ أَبْدَلَكُمُ اللَّهُ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا : يَوْمَ النَّحْرِ ، وَيَوْمَ الْفِطْرِ

Simak hal apa saja yang perlu kita ketahui dan ilmui terkait dengan Hari Raya Idul Fitri dengan menyimak dan mendownload ceramah ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Indahnya Berhari Raya Sesuai Sunnah

Share yuk ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14917-indahnya-berhari-raya-sesuai-sunnah-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/